Posted by : #rakmutublas Jumat, 29 Juli 2011




Unsur transuranium adalah deretan unsure yang memiliki nomor atom lebih dari 92. Berarti, nomor atom unsure transuranium lebih besar daripada uranium (92 U). Unsur transuranium sampai saat ini mencapai 23 unsur yang memiliki sifat radioaktif, yaitu neptunium (Np), plutonium (Pu), amerisium (Am), kurium (Cm), berkelium (Bk), kalifornium (Cf), einstenium (Es), fermium (Fm), bohrium (Bh), hassium (Hs), meitnerium (Mt), darmstadtium (Ds), roentgenium (Rg), ununbium (Uub), ununtrium (Uut), ununquadium (Uuq), ununpentium (Uup), dan ununheksium (Uuh).

Nomor atom unsure yang semakin besar akan akan meningkatkan laju peluruhan. Akibatnya, unsure yang memiliki nomor atom lebih besar daripada plutonium sukar dibuat dalam jumlah besar. Unsur ununquadium dibuat tahun 1999 dari penembakan atom kalsium pada plutonium. Unsur tersebut habis meluruh dalam waktu 30 detik.
Penamaan unsur – unsur baru dilakukan oleh IUPAC. Nama sementara unsur – unsur baru ditetepkan sesuai nomor atomnya. Unsur dengan nomor atom 112 dan seterusnya dinamai sesuai angka pada nomor atom. Contohnya, unsur 112 : un + un + bi + ium = ununbium, lambing Uub.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blog Archive

Popular Post

About

Blogroll

- Copyright © KIMIABLASS -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -