Posted by : #rakmutublas Senin, 04 Juli 2011

Senin, 4 Juli 2011 - Liga Utama Baseball (MLB) AS ingin tahu apakah perawatan sel punca dapat tergolong doping. Pitcher New York Yankees, Bartolo Colon, baru saja melakukan perawatan demikian. Jika prosedur Colon mencakup sebuah dosis hormon pertumbuhan manusia – yang dilarang dalam baseball – maka MLB dapat menuntutnya.


Joseph Purita, seorang dokter bedah ortopedik yang menjalankan sebuah klinik pengobatan regeneratif di Boca Raton, Florida, merawat atlit ini di Republik Dominika bulan April 2010. Dalam prosedur selama 45 menit, Purita mengatakan kalau ia mengekstrak sel punca Colon dari sumsum tulang dan jaringan lemaknya lalu menyuntikkannya ke siku dan bahunya untuk memperbaiki kerusakan – tanpa menggunakan hormon pertumbuhan manusia.

Damon Noto dari Pusat Perawatan Rusuk dan Sendi di Hasbrouck Heights, New Jersey, dan Pusat Medis Universitas Hackensack melakukan pembedahan yang diterima oleh Colon, dan menjelaskan bagaimana operasinya bekerja.

Sel punca yang diekstrak tersebut adalah sel punca mesenkimal (MSC). Apa yang dilakukan MSC secara pasti masih belum diketahui, namun ada dua hipotesis utama : sel punca ini menjadi jaringan tendon dan otot dengan sendirinya, atau mereka melepaskan faktor pertumbuhan yang mendorong sel tendon dan otot pasien tumbuh di lokasi yang cedera.

Petunjuknya datang dari kuda. Roger Smith dari Kampus Kedokteran Hewan Kerajaan di North Mymms, Herfordshire, Inggris pernah melakukannya pada kuda pacu. Hasilnya mengesankan karena lebih efektif dari perawatan biasa dan tidak memiliki efek samping. Dalam penelitian lainnya, Smith menguji elastisitas tendon kuda yang terluka yang diperbaiki dengan MSC. Datanya, kata beliau, menunjukkan kalau tendon baru sama elastisnya dengan tendon sebelum cedera, namun tidak memberikan kekuatan kuda super. Bila ini berlaku pula pada manusia, maka pembedahan Colon sama saja dengan pengobatan biasa, hanya saja lebih efektif, bukannya membuat sang atlit memiliki kekuatan super.

Sumber

New Scientist, 11 Juni 2011

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blog Archive

Popular Post

About

Blogroll

- Copyright © KIMIABLASS -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -