Posted by : #rakmutublas Kamis, 14 Juli 2011


Beberapa benda terterang dan teraneh di langit dalam tahun-tahun terakhir ini adalah anggota kelas baru supernova. Bagaimana mereka terbentuk masih berupa misteri, namun kecemerlangannya mempermudah pengamatan galaksi induknya yang redup.



Supernova memiliki berbagai jenis. Ledakan tipe Ia, misalnya, tidak menunjukkan hidrogen dalam spektrumnya dan terjadi ketika matahari yang mati menyedot terlalu banyak bahan dari rekannya. Ledakan tipe II, yang memiliki hidrogen, terbentuk ketika inti bintang masif runtuh.

Sekarang Robert Quimby dari Institut Teknologi California dan rekan-rekannya melaporkan enam supernova yang tidak sesuai dengan tipe manapun. Mereka tidak punya hidrogen, dan melebihi kecemerlangan ledakan tipe Ia sepuluh kali lipat. Mereka juga tetap panas selama berminggu bahkan berbulan-bulan – lebih panjang dari supernova lainnya. “Kecemerlangan puncak dan jumlah energi total yang dilepaskannya luar biasa,” kata Quimby.

Enam supernova ini termasuklah empat supernova aneh yang ditemukan tahun 2009 dan 2010, satu yang memecahkan rekor kecemerlangan setelah ditemukan tahun 2005, dan sebuah benda aneh yang menjadi cemerlang dalam tiga bulan sebelum redup.

Semuanya terlalu jauh untuk dilihat mata telanjang, namun mereka terbakar begitu terang dan panjang sehingga dapat menyerupai bintang biasa, memungkinkan galaksi cebol redup yang memuatnya dipelajari lewat teleskop.

Bagaimana letupan langka ini muncul? Salah satu kemungkinannya adalah bekas-bekas bintang yang meledak besar-besaran menghantam cangkang materi miskin hidrogen yang terlontar ketika ia hidup, dan memanaskannya. Kemungkinan lain adalah sebuah supernova normal yang miskin hidrogen melahirkan bintang neutron yang sangat termagnetisasi, yang medan magnetnya menyuntikkan energi ke bekas-bekas sekitarnya selama beberapa bulan, membuatnya bersinar.

Sumber

New Scientist, 11 Juni 2011

Referensi jurnal

R. M. Quimby, et al. Hydrogen-poor superluminous stellar explosions. Nature. (2011) doi:10.1038/nature10095

referensi dari faktakimia.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blog Archive

Popular Post

About

Blogroll

- Copyright © KIMIABLASS -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -